31 Mei 2013

5 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan - Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa ginseng ternyata memilik berbagai manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat dari ginseng tersebut terdiri dari mengurangi rasa lelah, mampu meningkatkan kerja otak, hingga dapat membantu kaum pria dalam mengatasi infertilitas.

Saat ini berbagai manfaat ginceng bagi kesehatan tubuh manusia secara panjang lebar telah dipaparkan pada Museum Ginseng yang terletak di Geumsan, Korea Selatan. Dari berbagai manfaat ginseng yang dipaparkan pada museum tersebut, maka berikut ini akan dipublikasikan 5 manfaat ginseng bagi kesehatan seperti dilansir dari situs Detikcom.

1. Meningkatkan Kerja Otak
Menurut penelitian yang dilakukan oleh D.O Kennedy di Inggris dan Kim Man-ho di Seoul National University, berkesimpulan bahwa ginseng ternyata mampu mendeteksi degenerasi otak, serta selanjutnya dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Zat saponim yang terdapat pada ginseng adalah kandungan paling penting yang dapat meningkatkan kinerja otak.

2. Mengatasi Maag
Selain berfungsi untuk kinerja otak, manfaat gingsen lainnya bagi kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit maag. Dengan kandungan polysac-charide yang terdapat pada ginseng akan mampu melindungi selaput lendir lambung. Sementara itu kandungan saponin akan aktif untuk mengatasi kelebihan asam dalam lambung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ginseng Korea juga ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini terungkap dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli.  Salah satu penelitian yang mengungkapkan hubungan konsumsi ginseng dengan pemulihan kelelahan otot telah dilakukan  oleh tim peneliti dari Universitas Korea. Menurut penelitian tersebut, bahwa konsumsi ginseng merah dalam priode tertentu akan membantu seseorang dari rasa kelelahan dan juga dapat mencegah anemia.

4. Mengatasi Diabetes
Dari penelitian yang dilakukan Prof J.S. Cho dari Gyeongbuk University, Korea, dan Prof H. Okuda dari Ehime University, Jepang, menunjukkan hasil bahwa ginseng merah ternyata mampu memberikan manfaat positif bagi mereka yang memiliki diabetes. Kandungan acidic peptide, adenosine, dan asam pyroglutamic acid yang terdapat pada ginseng akan mempromosikan sekresi insulin.

5. Meningkatkan Infertilitas Pria
Dari berbagai studi yang telah dilakukan, menunjukkan bila ginseng Korea ternyata bermanfaat bagi pria yang mengalami disfungsi seksual. Bahkan beberapa penelitian mengungkap ginseng dapat mengatasi impotensi tanpa adanya efek samping. Selain itu masalah infertilitas pada pria juga konon bisa diatasi dengan konsumsi ginseng secara teratur.

Cara-cara mengkonsumsi ginseng saat ini di Korea Selatan dilakukan secara bervariasi, misalnya ginseng digunakan untuk memasak samgetang atau sup ayam. Selain itu ada pula ginseng yang digoreng dengan tepung beras ketan, ayam panggang dengan ginseng dan bawang. Selain itu, masyarakat Korea Selatan juga berkreasi membuat teh ginseng, permen ginseng, dan cokelat ginseng.

0 komentar :

Tulisan Terkait: